Follow Us

Dibangun untuk Mengejek Pesohor di Pondok Indah, Rumah Miring Bergaya Eropa

iDea Online - Rabu, 27 Maret 2019 | 10:00
Budi Pradono Architects merancang sebuah rumah sebagai bentuk antitesis dan ejekan terhadap bentuk rumah bergaya Eropa yang banyak berada di salah satu perumahan ekslusif di Jakarta.
Kompas.com

Budi Pradono Architects merancang sebuah rumah sebagai bentuk antitesis dan ejekan terhadap bentuk rumah bergaya Eropa yang banyak berada di salah satu perumahan ekslusif di Jakarta.

IDEAonline - Rumah biasanya pada berdiri tegak dan lurus.

Terlebih pada lingkungan Pondok Indah yang terkenal dengan luas tanah yang cukup besar.

Nah, berbeda dengan rumah yang satu ini.

Firma arsitektur Budi Pradono Architects merancang sebuah rumah sebagai antitesis dan ejekan terhadap bentuk rumah bergaya Eropa.

Baca Juga : Ditetapkan Jadi Warisan Dunia oleh UNESCO, Kubah Masjid Selimiye Beratnya 2000 Ton, Tak Masuk Akal!

Struktur seluas 320 meter persegi itu diberi nama Rumah Miring dan terletak di Pondok Indah, salah satu lokasi perumahan komunitas eksklusif yang dikembangkan di Selatan Jakarta sejak tahun 1970-an dan 1980-an.

Lingkungan Pondok Indah kini banyak ditempati oleh musisi terkenal, selebritis, dan beberapa politikus.

Budi Pradono Architects ingin menciptakan sebuah "antitesis ekstrim" untuk kolom-kolom dekoratif yang menerapkan detail mediterania pada fitur rumah-rumah yang ada sekarang.

Baca Juga : Banyak yang Berharap Balikan, Dua Paranormal Ini Malah Saling Ramalkan Hal yang Berbeda Mengenai Luna Maya dan Ariel Noah

Proyek Rumah Miring ini bahkan dikatakan beberapa arsitek yang terlibat sebagai simbol anti kemapanan ketika rancangannya muncul pertama kali pada 2011.

Kerangka baja putih rumah dibuat miring ke arah jalan. Selain itu, tingginya berada di garis atap tetangga dibuat miring sebagai bentuk kritik terhadap lingkungan sekitar.

"Beberapa anggota parlemen yang paling sukses di Jakarta dan beberapa selebriti yang datang dari daerah lain merasa memiliki rumah di lokasi ini merupakan keharusan," kata pendiri Budi Pradono Architects, Budi Pradono, kepada Dezeen.

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest