Follow Us

Kurangi Penggunaan Plastik, Mowilex Produsen Cat Pertama yang Tersertifikasi Karbon Netral

Johanna Erly Widyartanti - Jumat, 01 November 2019 | 10:30
Dampak perubahan iklim.
Dok. Mowilex

Dampak perubahan iklim.

IDEAOnline-Tiga fokus inisiatif berkelanjutan dilakukan oleh Mowilex—anak perusahaan dari Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd., produsen cat dan pelapis yang sudah ada sejak 1970—adalah pengurangan emisi karbon, pengurangan plastik, dan konservasi laut.

Rabu (30/10/2019), Mowilex mengumumkan bahwa ia telah menjadi perusahaan manufaktur pertama di Indonesia, dan satu-satunya produsen cat di negara ini yang memiliki sertifikasi karbon netral dari SCS Global Servis.

Baca Juga: Sukses Jadi Artis, Ternyata Lee Jeong Hoon Sempat Tinggal di Gudang Sempit nan Gelap Tanpa WC Kala Kecil, Begini Kisahnya

SCS Global Service adalah sebuah badan sertifikasi yang diakui secara internasional, melakukan evaluasi melalui pihak ketiga untuk menghitung emisi yang dihasilkan oleh Mowilex, yang mencakup semua lokasi dan operasinya.

Baca Juga: Bingung Kreasikan Ruang Makan Mungil di Rumah? Tilik Inspirasi Berikut Ini!

"Menjadi pemimpin industri, bukan berarti hanya sekadar memproduksi cat dan pelapis berkualitas tinggi kepada konsumen kami, tetapi juga bertanggung jawab atas emisi karbon yang dihasilkan dari operasi kami," kata Niko Safavi, CEO Mowilex.

Penyerahan sertifikat karbon netral kepada Mowilex.
Dok. Mowilex

Penyerahan sertifikat karbon netral kepada Mowilex.

"Kami menjadikan program keberlanjutan ini sebagai nilai inti perusahaan dan berharap dapat menginspirasi perusahaan lain yang belum berkomitmen terhadap sumber daya yang signifikan untuk mengatasi tujuan perubahan iklim, yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia," tambahnya.

"Menjadi karbon netral adalah proses yang mahal dan ini akan memaksa kami untuk menjadi lebih hemat energi, " lanjutnya.

Baca Juga: 2,8 Juta Orang Meninggal Per Tahun karena Polusi, Hadirkan Udara Murni Sesegar Hutan Pegunungan di Rumah, Ini Caranya!

Mowilex mengimbangi jejak karbonnya berdasarkan CarbonNeutral Protocol yang dikembangkan oleh Natural Capital Partners, pemimpin global yang mempelopori proses sertifikasi dan mulai mengembangkan protokol ini pada tahun 2002.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest