Follow Us

Berbagi IDEA Ciptakan Dapur Sehat, Rencanakan Penyimpanan Aman Bahan Makanan agar Tak Rusak atau Busuk

Johanna Erly Widyartanti - Senin, 20 April 2020 | 16:00
Penyimpanan bahan makanan kering di rak khusus yang diletakkan di kabinet dapur.
Foto Joe Endhy Pesuarissa

Penyimpanan bahan makanan kering di rak khusus yang diletakkan di kabinet dapur.

IDEAOnline-Selama penerapan #dirumahaja demi menangkal penyebaran virus Covid-19, pastilah kamu juga membatasi bepergian ke luar rumah, bahkan untuk membeli bahan makanan dan minuman.

Karenanya, bahan makanan dan minuman dibeli dalam satu kesempatan sekaligus (1 atau 2 minggu sekali).

Ditambah sebentar lagi Bulan Ramadan akan tiba, tentu saja Idea Lovers mulai mempersiapkan segala kebuthan bahan makanan dan minuman untuk keperluan sahur dan buka puasa nanti.

Nah, ada baiknya mulai sekarang dipersiapkan apa-apa saja yang mau dibeli dan yang terpenting, bagaimana kamu harus menyimpannya.

Jangan sampai bahan makanan malah rusak atau busuk saat waktunya mau dimasak atau dimakan.

Nah, beberapa hal ini perlu kamu perhatikan untuk mempersiapkan tempat penyimpanan sesuai kategori bahan yang ingin kamu simpan, ada dalam berbagi IDEA kali ini.

Area penyimpanan pada dapur dapat berupa lemari kabinet, laci, rak, ambalan, gantungan, serta asesoris tambahan terpisah lain seperti pan basket, plate basket, bottle rack, spoon basket, glass holder, cabinet handle.

Kabinet atau rak penyimpanan yang baik adalah yang mudah dibersihkan, tahan terhadap jamur, serta penggunaan sekat ambalan atau aksesorisnya fleksibel sehingga memudahkan dalam pengorganisiran bahan dan alat yang disimpan.

Baca Juga: 4 Langkah Cerdas Menyimpan Barang di Rumah Sempit, Tentukan Lokasi Penyimpanan

Bumbu kering di wadah tertutup yang aman di dapur. Gunakan rak-rak tambahan untuk yang sering dipakai.
Foto Adeline Krisanti

Bumbu kering di wadah tertutup yang aman di dapur. Gunakan rak-rak tambahan untuk yang sering dipakai.

Aksesori berupa basket atau rack khusus ini dapat digunakan untuk mempermudah penyimpanan, pengorganisasian, dan menjaga kebersihan peralatan ataupun bahan makanan.

Contohnya pada dapur konfigurasi bentuk L akan terdapat area mati yang sulit terjangkau pada sudut kabinet, di sinilah aksesori tambahan tadi dapat berfungsi mengisi dan memanfaatkan ruang.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest