Follow Us

Lahan di Rumah Terbatas? Coba Gunakan Ruang yang Sudah Ada untuk Musholla

Fatur Rohman - Senin, 04 Mei 2020 | 09:30
ilustrasi musholla atau musala
Tenddy Yunantha

ilustrasi musholla atau musala

IDEAonline -Nabi pernah bersabda, salat yang dikerjakan secara berjamaah nikmatnya berkali lipat daripada dilakukan sendiri.

Bagi kaum muslim, inilah yang menjadi dasar perlunya musala atau musholla di rumah.

Kehadiran musala di rumah kerap dianggap penting karena ritual salat bisa dilakukan sendiri dan di mana saja, misalnya di kamar tidur.

Namun, jika kita mengerti bahwa salat berjamaah jauh lebih baik daripada salat sendirian, adanya musala menjadi penting.

Untuk menampung sejumlah orang, tak mungkin kita salat di kamar salah satu anggota keluarga. Kita butuh satu ruang yang disebut musala.

Baca Juga: Didominasi dengan Warna Putih, Intip Dapur di Rumah Penyanyi Internasional Asli Tanah Air, Enggak Sangka Kekayaannya Capai Angka Rp 430 M!

Baca Juga: Miliki Bisnis Hotel Hingga Rumah Produksi, Terungkap Hunian Mewah Mantan Kekasih Denny Soemargo yang Kian Tersorot Media, Kaya dari Embrio?

Hal ini bukan peraturan yang baku, Nangkula Utaberta (staf pengajar jurusan Arsitektur UI) lebih senang menyatukan fungsi musholla di ruang serbaguna.

Menurutnya, “Pada rumah yang ukurannya terbatas, saya menyarankan untuk punya ruang multifungsi.

Jadi, ruang ini bisa dipakai untuk berkegiatan yang lain.

Tentu ini harus dirancang sejak awal sehingga pergantian fungsi ruang bisa cepat dilakukan tanpa harus memindahkan barang.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest