Follow Us

Orang Obesitas Berisiko Alami Gejala Parah Covid-19, Ini Alasannya

Kontributor 01 - Rabu, 30 September 2020 | 17:00
Ilustrasi pasien Covid-19
tribunnews

Ilustrasi pasien Covid-19

IDEAOnline-Memiliki penyakit penyerta (komorbid) dapat meningkatkan risiko penyakit serius atau bahkan kematian jika seseorang terinfeksi Covid-19.

Salah satu yang paling serius adalah obesitas, terutama obesitas yang parah.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memiliki angka indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi, meningkatkan risiko penyakit parah yang berkaitan dengan Covid-19.

“Dalam enam bulan terakhir kami melihat bahwa obesitas adalah faktor risiko untuk Covid-19 parah yang bisa membuat pasien masuk ke rumah sakit, lebih membutuhkan perawatan intensif, dukungan ventilator, dan meningkatkan risiko kematian," kata Direktur Bariatric & Metabolic Institute di Cleveland Clinic, Ali Aminian, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Alasan mengapa obesitas sangat memengaruhi pasien ketika terkena COVID-19 masih belum diketahui, tetapi Dr. Aminian memiliki beberapa penjelasan yang dapat diketahui.

1. Imunitas melemah

Pasien dengan obesitas (dan faktor risiko terkait seperti diabetes) sering menderita pelemahan kekebalan tubuh bawaan dan adaptif, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

2. Respons imun yang terlalu aktif

Obesitas adalah keadaan peradangan kronis yang menyebabkan tubuh pasien memproduksi sitokin dalam jumlah berlebihan.

Sitokin merupakan molekul yang berkomunikasi dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Infeksi Covid-19 juga memicu pelepasan sitokin.

Baca Juga: Ternyata Ada Gejala Menetap Dialami Pasien yang Sudah Sembuh dari Covid-19, Depresi hingga Hilang Memori!

Source : kompas

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular