Follow Us

Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerjasama IDEA dengan IKEA

WFH Masih Berlanjut, Yuk Sulap Ruangan Rumah Jadi Home Office yang Nyaman

Fathia Yasmine - Jumat, 16 Oktober 2020 | 19:27
Ilustrasi home office kreasi sendiri
Dok. Shutterstock

Ilustrasi home office kreasi sendiri

IDEAonline.com- Grafik penularan Covid-19 yang kian meningkat dari hari ke hari terpaksa membuat pemerintah kembali menarik “rem darurat”. Salah satunya dengan memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

Akibatnya, para pegawai kantor dan masyarakat terpaksa kembali menjalani aktivitas work from home hingga grafik penularan melandai. Meski hanya berpindah tempat, bekerja dari rumah tidaklah mudah. Sebab, rumah tidak didesain untuk bekerja.

Situasi yang kurang kondusif dapat menjadi distraksi atau gangguan. Misalnya saja, sulit berkonsentrasi atau perasaan malas karena suasana rumah yang terlalu nyaman.

Melansir Forbes, Rabu (20/5/2020), produktivitas saat WFH sebenarnya tetap bisa dijaga melalui tiga hal, yakni pembatasan waktu kerja dan istirahat, intensitas komunikasi jarak jauh, juga kenyamanan lokasi kerja.

Pembatasan waktu kerja dan istirahat dapat disiasati dengan memberi jeda ketika bekerja, misalnya lewat menonton tayangan streaming film sejenak setelah bekerja cukup lama. Selain itu, bersosialisasi lewat video conference juga bisa membantu diri agar tetap terhubung dan terkoneksi dengan rekan kerja.

Baca Juga: Gula Bisa Awet sampai 2 Tahun asal Disimpan dengan Benar, Ini Caranya!

Di sisi lain, kenyamanan lokasi kerja dapat disiasati lewat pemilihan ruang di rumah. Saat bekerja dari rumah, banyak orang cenderung asal. Mereka bisa saja menggunakan tempat yang sudah punya kursi dan meja sebagai tempat bekerja, seperti ruang makan.

Namun, perlu diingat bahwa meja dan kursi makan tidak didesain untuk kebutuhan itu. Potensi nyeri punggung dan pegal pasti terjadi.

Kalau sudah begitu, bisa-bisa mood malah hilang. Produktivitas pun bisa menurun. Agar mood kerja kembali datang, Anda bisa menyulap ruangan tak terpakai di rumah menjadi home office.

Akan lebih baik, jika tempat ini setidaknya dilengkapi dengan kursi dan meja khusus untuk bekerja. Ingat, Anda tak perlu berlebihan mengisi sudut kerja dengan furnitur. Sebagai inspirasi, Anda dapat menyontek gaya interior orang Skandinavia.

Baca Juga: Yuk Kurangi Sampah Makanan di Dapur, Ini Berbagai Inspirasinya

Topic : wfh ikea

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya

Latest