Follow Us

Bersama Petani Perkuat Ketahanan Pangan, Sharp Mapan Targetkan Hasil Panen 2 Kali Lipat  Lewat Pemakaian Benih Unggul

Johanna Erly Widyartanti - Sabtu, 17 Juli 2021 | 18:48
Serah terima bibit unggul dari donatur di program Sharp Mapan.
Sharp

Serah terima bibit unggul dari donatur di program Sharp Mapan.

IDEAOnline-April lalu, sebuah program CSR untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan petani, digelar Sharp Indonesia dengan mengusung nama program Sharp Mapan.

Menggandeng yayasan nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT), Sharp Mapan mengadopsi program Masyarakat Produsen Pangan Indonesia (MPPI) yang diinisiasi oleh ACT.

Usai acara penyerahan donasi April 2021 lalu, saat memasuki masa tanam, Sharp Mapan memulai kegiatan tanam raya sejak 7 Juli 2021 lalu.

Pada tahap awal, Sharp Mapan menyediakan lahan seluas 7 hektar yang digarap lebih dari 230 petani.

Bertempat di Desa Pacing, Kecamatan Jatisari, Karawang Timur, Sharp Mapan pun melakukan pembentukan koperasi sebagai wadah bagi para petani mendapatkan kebutuhan saprodi, meningkatkan pengetahuan dan sebagai alat advokasi bagi petani untuk memiliki posisi tawar yang lebih kuat dalam mempertahankan aset dan haknya.

Guna meningkatkan hasil produksi yang baik dan berkualitas, program ini akan menggunakan benih unggul seperti GMP-40 dan HMS 700.

HMS 700 ditemukan dan dikembangkan oleh Prof. Dr. Hariyadi seorang ahli genetika pertanian yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Budidaya Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap.

"HMS.700 merupakan benih lokal hasil perpaduan unik mempunyai karakter disukai petani karena meningkatkan hasil panen sekitar 50-70 persen. Rasa beras yang pulen, dan bulir terisi penuh, serta tahan terhadap kekeringan dan hama penyakit utama padi," lanjut Hariyadi.

Camat Jatisari Yusi Rusliani yang hadir di acara panen raya mengapresiasi program Sharp Mapan dan berharap sektor pertanian di Karawang dapat terus berkembang karenanya.

Seperti diketahui, Sharp Indonesia menetapkan target petani yang ada di lokasi sekitar Pabrik Sharp Indonesia, yaitu Karawang Barat, Karawang Timur dan daerah sekitarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Sharp Indonesia Luncurkan 'Sharp Mapan'

Penanaman bibit ungul di Jatisari Karawang Timur di program Sharp Mapan.
Sharp

Penanaman bibit ungul di Jatisari Karawang Timur di program Sharp Mapan.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest