Follow Us

3 Siasat Mudah Atasi Panas dan Polusi pada Rumah Tropis di Tengah Kota

Johanna Erly Widyartanti - Kamis, 22 Juli 2021 | 16:30
Cermat meletakkan bukaan dan ventilasi pada rumah tropis di tengah kota.
Idea.Grid.Id

Cermat meletakkan bukaan dan ventilasi pada rumah tropis di tengah kota.

IDEAOnline-Menerapkan konsep rumah tropis di tengah kota memang tak semudah yang dibayangkan karena keterbatasan lahan dan pertimbangan polusi.

Keterbatasan lahan dan kepadatan lingkungan sering tak bisa membuat kamu lelausa menempakta bukaan atau jendela. Selain harus menjaga privasi, penempatan yang salah akan menjadi sia-sia jika bukaan mengarah pada tampilan bangunan dinding rumah tetangga yang tentu saja tak indah dan menutup aliran udara.

Keterbatsan lahan juga membatasi keinginan kamu untuk menghadirkan banyak vegetasi sebagai penyejuk ruang dan pencipta kesan alami yang adem.

Masalah polusi udara dan polusi suara, adalah hal lain yang harus diantisipasi, agar bukaan dan ventilasi yang kamu buat, tidak justru mengundang udara kotor dan kebisingan ke dalam rumah.

Oleh karenanya, untuk mengatur pencahayaan dan pengudaraan yang baik di rumah tropis yang berada di tengah kota, maka penempatan kamar, penempatan bukaan, pemilihan material bangunan, memerlukan pertimbangan yang cermat.

Baca Juga: Manfaat Green Roof dalam Konsep Rumah Tropis dan Tips Penerapannya

Menempatkan kamar di bagian belakang dengan bukaan lebar menampilkan taman.
Idea.Grid.Id

Menempatkan kamar di bagian belakang dengan bukaan lebar menampilkan taman.

Baca Juga: Kenali Modus Operandi Mafia Tanah agar Tak jadi Korban, Begini Cara Kerja Satgas Khusus yang dibentuk ATR/BPN

Baca Juga: Didesain Tak Butuh Pendingin Ruang, Begini Arsitek Merancang Rumah Tropis Neo Modern yang Menghadap Barat

Tiga detail desain ini mungkin bisa jadi inspirasi untuk menyiasati beberapa kendala rumah tropis yang ada di tengah kota.

1. Letakkan Bukaan di Kamar Tidur

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest