Follow Us

Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan bisa Berdampak Kurang Baik, Lakukan Trik Ini agar Lebih Bermanfaat

Sesilia Alexandra - Kamis, 05 Mei 2022 | 13:00
Ilustrasi menggunakan media sosial
HubSpot Blog

Ilustrasi menggunakan media sosial

IDEAonline - Kita telah memasuki era digital di mana media sosial memegang peranan yang begitu penting dalam kehidupan kita.

Kini, hampir semua orang memiliki dan secara aktif menggunakan berbagai platform media sosial.

Media sosial memang dapat menjadi sarana hiburan yang baik. Bahkan kehadiran media sosial juga memudahkan kita untuk menjalin relasi dengan mudah dan luas.

Namun layaknya pedang bermata dua, media sosial juga dapat berdampak buruk bagi kehidupan kita.

Artikel yang dilansir dari healthline.com ini akan membagikan dampak media sosial bagi penggunanya dan solusi untuk menangani penggunaan media sosial yang berlebihan.

Baca Juga: Boro-Boro Menjaga Privasi, Rumah di Jepang Ini Justru Didesain Serba-Transparan Terinspirasi Hunian Manusia Purba

Bagaimana media sosial memengaruhi kesehatan mental?

IDEA Lovers mungkin tidak akan terkejut saat mengetahui sebagian besar studi mengungkapkan bahwa dampaknya tidak terlalu menguntungkan.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa anak-anak Inggris dua kali lebih mungkin untuk melaporkan skor tinggi atau sangat tinggi untuk gangguan kesehatan mental jika mereka menggunakan situs jejaring sosial selama 3 jam atau lebih pada hari sekolah.

Sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan hubungan langsung antara penurunan penggunaan media sosial dan peningkatan depresi dan kesepian.

Dalam survei tahun 2021 oleh ExpressVPN, 86 persen dari sampel 1.500 orang Amerika melaporkan bahwa media sosial secara langsung berdampak negatif pada kebahagiaan dan citra diri mereka.

Source : Healthline

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya

Latest