Follow Us

Wow! Ramuan Bahan dari Dapur Ini Obati Infeksi karena Diabetes Melebilihi Efektifnya Antibiotik Modern

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 09 Juni 2021 | 18:59
Ilustrasi bawang putih dan daun bawang berkhasiat sembuhkan infeksi karena diabetes.

Ilustrasi bawang putih dan daun bawang berkhasiat sembuhkan infeksi karena diabetes.

IDEAOnline-Beberapa peneliti telah beralih pada manuskrip medis kuno sebagai petunjuk penyembuhan penyakit ketika bakteri mematikan tumbuh semakin resisten terhadap antibiotik modern.

Salah satunya salep di abad pertengahan yang berasal dari 1.000 tahun lalu, berhasil menjadi penangkal bakteri di tengah banyaknya antibiotik modern yang gagal.

Ancientbiotic atau antibiotik kuno demikian para peneliti menyebutnya, ditemukan di salah satu buku teks medis paling awal yang diketahui berasal dari Inggris di abad pertengahan.

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (30/7/2020), manuskrip medis kuno tersebut dikenal sebagai Bald's Leechbook.

Baca Juga: Paling Anti Berhutang, Siapa Sangka Lucinta Luna Justru Bisa Beli Rumah Usai Bebas dari Penjara, Netizen Shock Harganya Tembus Sampai Rp 5 Miliar!

Baca Juga: Jutaan Mikroba Penyebar Penyakit Ada di Rumah, Cek Tempat Bersarangnya

Banyak solusi yang ditawarkan dalam buku yang cukup tebal tersebut, termasuk salep untuk menghentikan infeksi di malam hari.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, para ilmuwan telah menunjukkan campuran bahan alami ini, yakni bawang putih, bawang merah atau daun bawang, empedu sapi dan anggur.

Bahan-bahan ini diduga memiliki sifat antiseptik yang kuat. Bahkan, tampaknya bahan-bahan ini bekerja melawan bakteri berbahaya yang telah menjadi resiten atau kebal terhadap beberapa obat modern.

Setelah menyeduh beberapa bahan, termasuk 15 bawang putih dan 15 daun bawang, para peneliti mencoba menguji resep kuno tersebut.

Ilustrasi empedu sapi
pixabay pro

Ilustrasi empedu sapi

Editor : iDEA

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular